LEMBAR KEGIATAN SISWA
Mata Pelajaran : Biologi
Model : Non Eksperimen
Judul : Lks
Alat-Alat Indera Manusia
Kelas/Semester : XI./ II
STANDAR
KOMPETENSI.
Menjelaskan
struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,kelainan/penyakit
yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
KOMPETENSI
DASAR.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan
proses serta , kelainan /penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin dan penginderaan)
INDIKATOR.
1. Menyebutkan
komponen penyusun alat - alat indera
2. Menjelaskan proses bekerjanya susunan saraf dan alat –alat indera
3. Mejelaskan mekanisme keterkaitan fungsi susunan saraf,alat-alat indera seperti pada proses mendengar, melihat, mengecap, meraba dan membau.
TUJUAN.
1. Siswa dapat menyebutkan komponen penyusun alat - alat indera
2. Siswa
dapat menjelaskan prose bekerjanya saraf pada alat-alat indera
3. Siswa dapat menentukan bebgai macam berbagai macam indera pada manusi
4. Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja pada bebagai
macam indera pada manusi.
CARA KERJA
1. Pelajarilah LKS ini dan kerjakan tugas-tugas yang ada
2. Lakukan telaah referensi untuk mengidentifikasi
Sistem indera pada manusia
3. Diskusikanlah dalam kelompok kalian tentang Sistem indera pada manusia
4. Kerjakan pada lembar kertas folio dengan menambahkan gambar alat indera pada setiap jawaban pertanyaan
5. Kumpulkan tugas individu sistem indera paling lambat 11 April 2016
DASAR TEORI
1. Indera merupakan sel-sel reseptor sensori yang mampu mendeteksi berbagai macam
angsangan baik dari dalam maupun luar tubuh
2. Rangsangan dari luar yang diterima reseptor, saraf meneruskan informasi yang
diterima reseptor tersebut ke sistem saraf pusat yaitu otak,dan kemudian otak mengolahnya serta menafsirkanya
atau memerintahkanya ke efektor.
3. Berdasarkan sifat rangsanganya reseptor sensori dibedakan atas berapa golongan yaitu:.
a.
Kemoreseptor
b.
Nosireseptor
c.
Fotoreseptor
d.
Mekanoreseptor
e.
Termoreseptor
4. Manusia memiliki lima indera yang dikenal dengan panca indera. Yaitu:
a.
indera penglihat (mata)
b.
indera pendengar (Telinga)
c.
indera peraba (kulit)
d.
indera pengecap (lidah)
e.
indera penciuman (hidung)
A. Indera Penglihat (Mata)
1.
Perhatikan gambar struktur mata di
bawah ini!
Lengkapilah nama alat/bagian yang ditunjuk oleh gambar di atas
dan fungsinya sesuai dengan urutan nomor
pada tabel yang tertera pada lembar kerja!
No
|
Bagian-
bagian mata
|
Fungsi
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
||
11
|
||
12
|
2.
Jelaskan bagaimana mekanisme indera
penglihat melihat suatu benda sehingga kesannya sampai di otak?
3.
Bacalah materi "kelainan dan
gangguan pada mata" Jelaskan pertanyaan di bawah ini
a.
Bagaimana jatuhnya bayangan benda pada
penderita miopi, lensa apa yang diperlukannya dan mengapa harus dibantu oleh
lensa tersebut!
b.
Bagaimana jatuhnya bayangan benda pada
penderita hipermetropi, lensa apa yang diperlukannya dan mengapa harus dibantu
oleh lensa tersebut!
c.
mengapa seseorang yang buta warna
tidak dapat mengenali warna-warna tertentu?
4.
Jelaskan mengapa pada saat kita
berpindah tempat dari tempat terang ke tempat yang lebih gelap kita mengalami
kondisi “buta sesaat”!
B.
Indera Pendengaran (Telinga)
1.
Perhatikan gambar struktur telinga di
bawah ini!
Lengkapilah nama alat/bagian yang ditunjuk oleh gambar di atas
dan fungsinya sesuai dengan urutan nomor
pada tabel yang tertera pada lembar kerja!
No
|
Bagian-
bagian telinga
|
Fungsi
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
||
11
|
2.
Jelaskan bagaimana mekanisme indera
pendengar dapat mendengar suara/bunyi sehingga kita dapat mengenalinya?
3.
Jelaskan apa yang harus segera Anda
lakukan jika mendengar ledakan keras? Berikan alasannya!
4.
Jelaskan apa sebabnya jika kita
berputar-putar kemudian berhenti, kepala kita merasa pusing?
C.
INDERA PENCIUMAN (HIDUNG)
1.
Perhatikan gambar Indera penciuman di bawah ini!
Lengkapilah
nama alat/bagian yang ditunjuk oleh
gambar di atas dan fungsinya sesuai
dengan urutan nomor pada tabel yang tertera pada lembar kerja!
No
|
Bagian-
bagian indera penciuman
|
Fungsi
|
1
|
||
2
|
||
3
|
2.
Jelaskan bagaimana mekanisme indera
pencium dapat mencium bau sehingga kita dapat mengenalinya!
3.
Mengapa selera makan kita terganggu
jika terserang influensa?
D.
INDERA PERABA (KULIT)
1.
Perhatikan gambar Indera peraba di bawah ini!
Lengkapilah
nama alat/bagian yang ditunjuk oleh
gambar di atas dan fungsinya sesuai
dengan urutan nomor pada tabel yang tertera pada lembar kerja!
No
|
Bagian-
bagian indera peraba
|
Fungsi
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
2.
Jelaskan bagaimana mekanisme indera
peraba kita dalam menerima rangsang panas?
E.
INDERA PERASA (LIDAH)
1.
Perhatikan gambar Indera perasa di bawah ini!
2. Lengkapilah
nama alat/bagian yang ditunjuk oleh gambar
di atas dan fungsinya sesuai dengan
urutan nomor pada tabel yang tertera pada lembar kerja!
No
|
Bagian-
bagian indera pengecap
|
Fungsi
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
ini ngerjainnya di buku atau gimana bu?
BalasHapusdi petunjuk cara kerja sudah ada
BalasHapussangat membantu
BalasHapusterima kasih ibu, mohon izin untuk menggunakannya di kelas saya.
BalasHapus