Minggu, 06 Desember 2020

Fenomena mutasi

Pandemi virus korona  membuat sebagian orang mulai gemar bercocok tanam termasuk tanaman hias.  Banyak penggemar tanaman hias yang mengunggah hasil bercocok tanamnya di media social. Selama masa pandemi semakin banyak orang yang bercocok tanam lantaran sebagian besar kegiatan mereka lakukan di rumah. Dampaknya tren tanaman hias  menjadi naik daun.  Tanaman hias yang sedang naik daun diantaranya  dari genus Monstera salah satu contoh jenisnya adalah monstera adansonii variegata, yang populer dengan sebutan janda bolong. Dari tren tanaman hias tersebut membuat Dina dan Dita anak kembar pak Dodi dan bu Diah tertarik untuk membicarakan tentang tanaman hias janda bolong kesayangan ibu mereka.

Suatu Sore Dina dan Dita duduk diteras, Dina dan Dita mengamati Ibu Diah yang sedang memperhatikan tanaman hias ke sayangannya.

Dina    : “Dita, aku heran kenapa ibu begitu menyukai tanaman hias yang daunnya berlubang itu, apa menariknya ya?” “kan sama juga dengan tanaman hias yang lain!”

Dita    : “iya betul...”, “Apalagi tanaman janda bolong tersebut tidak berbunga seperti anggrek, sulit untuk dinikmati aspek keindahannya”

Dina    : “Dita apa karena ibu menggunting bagian tengahnya sehingga daun itu bisa berlubang-lubang seperti itu?”

Dita    : “Ah, apa iya”…”aku tidak pernah melihat ibu mengguntingnya!” “ Yuk kita Tanya saja pada ibu”.

Dina dan Dita menghampiri ibu Diah yang sedang asyik mengamati keindahan tanaman janda bolongnya.

Dina : “Ibu…” “kenapa ibu menyukai tanaman janda bolong ini, apa karena ibu telah menggunting daunya sehingga harus terus diperhatikan pertumbuhannya ?”

Bu Diah : “Ibu tidak pernah menguntingnya, memang keunikan tanaman ini berlubang daunya”. “ketika muncul dari daun muda yang masih menggulung pun, tanaman ini sudah berlubang.” “Coba kalian cari di Google apa yang menyebabkan tanaman janda bolong ini daunya berlubang-lubang

Dina dan Dita : “siap ibu…”

Dina dan Dita menggambil HP mereka kemudian asyik mencari jawaban dari pertanyaan mereka tentang penyebab daun janda bolong berlubang-lubang, akhirnya mereka menemukan jawaban atas pertanyaan itu

Dita    : “Bu…” “ diinternet dikatakan kalo penyebab daun janda bolong berlubang adalah daun berlubang (perforasi) disebabkan oleh bagian daun yang menghentikan pertumbuhan sel atau mati pada tahap awal perkembangan daun melalui mekanisme kematian sel yang terprogram.” “Kondisi ini merupakan bagian bentuk adaptasi tanaman hutan yang semi epifit terhadap pencahayaan sinar matahari”

Dian    : “ Karena letak tumbuhan Janda Bolong berada di bawah kawasan hutan yang tertutup, maka satu-satunya cara agar dapat bertahan hidup adalah dengan menangkap bintik matahari, atau berkas kecil sinar matahari yang menembus kanopi”. “Hal ini yang dapat memodifikasi struktur daun agar memiliki lubang, area daun yang sama untuk dapat menutupi area yang lebih luas. “Jadi, meskipun beberapa bintik matahari dapat melewati lubang, probabilitas atau peristiwa penyerapan kapan cahaya matahari menjadi meningkat karena ada lebih banyak area yang tertutup”.

Dian    : Ibu…Dita…!” coba kalian amati tanaman janda bolong ini, kok beda warna dengan yang ibu miliki

Dian memperlihatkan gambar tanaman janda bolong yang ditemukan di internet


https://media-assets-ggwp.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/2020/09/fakta-janda-bolong-640x360.jpg

Dian : “kenapa beda dengan janda bolong milik ibu, yang daunya hanya berwarna hijau saja?”.

Ibu Diah : “ Oh…” “ itu janda bolong varigaeta yang mahal ada yang sampai puluhan juta rupiah karena hasil mutasi

Dita : “apa bu…..?” “mutasi?!” “ kenapa mutasi dapat menyebabkan variasi tanaman janda bolong ya”

Dian : “tidak hanya janda bolong saja ada beberapa tanaman dan hewan hasil mutasi juga dan memiliki keunikan loh” "Dita ayo..kita  amati beberapa gambar tumbuhan dan hewan hasil mutasi!"

a. Apel 2 warna

https://statik.tempo.co/data/2013/08/05/id_208270/208270_620.jpg


b. semangka kubus

https://awsimages.detik.net.id/customthumb/2012/01/31/297/bbsemangkactt.jpg?w=700&q=90


c. udang 2 warna
Dina dan Dita : "oh fenomena mutasi..."

setelah Anda membaca kisah fenomena mutasi, setujukah Anda jika tumbuhan dan hewan di atas terjadi karena peristiwa mutasi? jelaskan jawaban Anda! pada kolom komentar di bawah

138 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. setuju, dilihat dari ciri fisik beberapa gambar diatas berbeda dengan hewan dan tumbuhan pada umumnya, pengertian mutasi yaitu perubahan informasi genetik yang terjadi dalam organisme. cmiiw ya bu^^

    BalasHapus
  3. Setuju bu, mengingat mutasi adalah "perubahan" materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya, menjadi sebab mengapa peristiwa diatas disebut mutasi. Namun, Tidak setiap perubahan DNA adalah mutasi. Karena mutasi sendiri memiliki beberapa kriteria seperti berikut bu,
    • Adanya perubahan materi genetik (DNA)
    • Hasil perubahan tersebut diwariskan secara genetik pada keturunannya
    dan lainnya, cmiiw ya buu^^

    BalasHapus
  4. Setuju, karena mutasi menyebabkan perubahan pada struktur genetik (struktur basa). Struktur basa yang berbeda mengkode protein yang berbeda. Protein yang berbeda menimbulkan sifat yang berbeda (perubahan sifat).

    BalasHapus
  5. Setuju bu, seperti yang telah diketahui mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada taraf tingkatan gen maupun pada tingkat kromosom. Hal itu terjadi seperti yang dipaparkan diatas mengenai mutasi pada janda bolong milik ibu Diah, Monstera Andasonii Variegata memiliki perpaduan warna hijau, putih, dan kadang kala kuning, dimana itu terjadi karena mutasi. Mutasi tanaman sendiri pada dasarnya bisa terjadi karena dua hal yakni alamiah dan genetik atau buatan manusia.

    BalasHapus
  6. Setuju Bu, gambar di atas termasuk mutasi. Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada taraf tingkatan gen maupun pada tingkat kromosom. Dan itu terlihat dari contoh gambar diatas.
    Isma Aviana XII MIPA 5

    BalasHapus
  7. Setuju bu, munurut gambar diatas ciri fisik antara hewan dan tumbuhan berbeda. Karena mutasi itu sendiri adalah perubahan informasi genetik yang terjadi dalam organisme. Mutasi prosesnya terjadinya perubahan materi genetik pada organisme yang disebabkan oleh mutagen (penyebab mutasi) baik mutagen fisika, mutagen biologi dan mutagen kimia. Organisme yang mengalami mutasi disebut mutan

    Syarat terjadinya mutasi:
    * Adanya perubahan materi genetik (DNA atau kromosom)
    * Perubahan tersebut bersifat dapat atau tidak dapat diperbaiki
    * Hasil perubahan tersebut diwariskan secara genetik kepada keturunannya

    Riska Marella, Mipa 5

    BalasHapus
  8. Setuju Bu, karena mutasi sendiri adalah Perubahan Struktur genetik (DNA, Kromosom) Sehingga protein yang dibentuk bersifat nonfungsional (tidak berfungsi). Selain itu mutasi dapat terjadi secara alamiah maupun buatan. Iqbal Muhammad Rafi Nursidiq ; XII MIPA 4

    BalasHapus
  9. Setuju bu, karena mahluk hidup diatas mengalami perubahan materi genetuk sehingga menyebabkan perubahan ciri fisik tersendiri. Peristiwa perubahan materi genetik disebut mutasi.
    Nama/Kelas: Dyah Priyani Kusumawardani/XII MIPA 1

    BalasHapus
  10. Nama : Desi Fitriyana
    Kelas : XII MIPA 2
    setuju bu, karena mutasi merupakan suatu perubahan pada bahan genetik, digambar tersebut menunjukkan adanya suatu perubahan genetik pada tumbuhan dan hewan tersebut sehingga hewan tersebut terlihat tidak seperti hewan pada umumnya, itu terjadi karena fenomena mutasi.

    BalasHapus
  11. Setuju bu, karena mutasi adalah peristiwa berubahnya informasi yang terkandung dalam DNA. Perubahan informasi ini dapat terjadi dalam skala kecil pada beberapa basa nukleotida, atau pada skala kromosom yang melibatkan jutaan basa nukleotida. Mutasi dapat menyebabkan berbagai perubahan baik maupun buruk dan menghasilkan berbagai variasi genetik. Dan gambar-gambar di atas menunjukkan adanya perubahan/perbedaan sifat dari hewan/tumbuhan pada umumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Aura Rista Widyawardani
      Kelas : XII MIPA 5

      Hapus
  12. Setuju, Bu. Mutasi menyebabkan perubahan materi genetik akibat perubahan basa. Akibatnya, protein yang terkode pun berubah dan menyebabkan perubahan sifat suatu individu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Faishal Najwan Ahmad
      Kelas : XII MIPA 2
      Nomor : 16

      Hapus
  13. Setuju Bu, dari gambar tanaman dan hewan diatas, terlihat ciri fisik yang berbeda dari tanaman dan hewan yang sering kita jumpai pada umumnya. Hal ini sesuai dengan pengertiannya, mutasi merupakan perubahan genetik baik pada DNA maupun RNA pada urutan gen atau pada kromosom dan menyebabkan munculnya susunan genetik baru (alel) yang merupakan variasi baru dari spesies.
    Alfina Nikmatun Nufus / XII MIPA 1

    BalasHapus
  14. setuju bu, secara kasat mata dapat dilihat kalau ciri fisiknya berbeda dengan ciri fisik pada umumnya. hal tersebut dikarenakan adanya mutasi,mutasi sendiri adalah perubahan informasi genetik yang terjadi pada organisme yang disebabkan oleh mutagen baik mutagen fisika,mutagen biologi ataupun mutagen kimia. syarat mutasi sendiri yaitu
    -adanya perubahan DNA
    -hasil perubahannya diwariskan ke keturunan selanjutnya
    -perubahan bersifat dapat dan tidak dapat diperbaiki
    Maghfiroh Dwi Rizkayanti ( XII MIPA 2 )

    BalasHapus
  15. Setuju... karena Pada gambar diatas menunjukkan ciri fisik antara tumbuhan dan hewan yang berbeda.Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada taraf tingkatan gen maupun pada tingkat kromosom. Mutasi pada tingkat gen disebut mutasi titik, sedangkan mutasi pada kromosomal biasanya disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar munculnya variasi-variasi baru pada spesies.
    Abdullah figer kariim XII MIPA 5

    BalasHapus
  16. Nama : Agustina Wiji Pertiwi
    Kelas: XII MIPA 1
    Setuju bu, karena terlihat dari gambar diatas bahwa tumbuhan dan hewan digambar berbeda dengan umumnya dan mengalami perubahan genetik berupa perubahan ciri fisik yang disebut mutasi. Mutasi adalah perubahan informasi genetik yang terjadi dalam organisme.

    BalasHapus
  17. Setuju, karena tidak seperti bentuk atau warna hewan atu tumbuhan pada umumnya.

    Imam Muzaka
    12 MIPA 1
    20

    BalasHapus
  18. setuju bu, karena Mutasi proses perubahan materi genetik DNA dan perubahan bentuk dan jumlah pada kromosom pada organisme. yang menyebabhkan perbedaan bentuk atau warna dari tumbuhan atau hewan pada umumnya seperti yang terlihat dalam contoh diatas biasanya lobster hanya memiliki satu warna tapi ketika lobster mengalami mutasi warnanya beruah menjadi dua warna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama :Rara shofina nurdiasri
      kelas:12 mipa 5
      No. absen: 26

      Hapus
  19. setuju, karena mutasi sendiri merupakan suatu perubahan sifat genetik pada keturunan (F1) sehingga mengakibatkan sifat keturunan yang berbeda dengan induknya (P). Dan dari gambar di atas ciri fisiknya berbeda dengan tumbuhan atau hewan pada umumnya.
    Aqila Maisyha Abidah
    02
    XII MIPA 2

    BalasHapus
  20. Saya setuju bu, karena mutasi adalah peristiwa perubahan materi genetik pada DNA atau Kromosom di dalam sel yang menyebabkan bermacam-macam makhluk hidup yang tidak seperti pada umumnya. Gambar di atas adalah contoh makhluk hidup akibat mutasi. Dan perubahan tersebut dapat diwariskan kepada keturunannya.
    (Elsa Nisaha Rani / XII MIPA 1)

    BalasHapus
  21. Setuju Bu, dari gambar tanaman dan hewan diatas terlihat adanya perbedaan fisik tidak seperti tanaman dan hewan pada umumnya. Hal itu disebabkan karena adanya mutasi, mutasi merupakan perubahan DNA dan kromosom pada makhluk hidup yang dapat menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun individu.

    Nama : Insania Rizkyning Praja
    Kelas : XII MIPA 2

    BalasHapus
  22. Setuju Bu, karena bisa kita lihat dari beberapa gambar diatas ciri fisik antara tumbuhan dan hewan berbeda. Mutasi adalah perubahan informasi genetik yang terjadi dalam organisme.
    Novita Dwi Savera Xll MIPA 4 (19)

    BalasHapus
  23. Setuju Bu, karena pada contoh gambar diatas dapat disimpulkan bahwa ciri fisik dari tanaman dan hewan diatas berbeda dari ciri fisik pada tanaman dan hewan pada umumnya. Hal tersebut terjadi karena adanya mutasi. Seperti pengertiannya, mutasi adalah perubahan struktur genetik.
    Hani Safitri XII MIPA 5 (13)

    BalasHapus
  24. setuju bu, karena janda bolong, apel 2 warna, semangka kubus, udang 2 warna dan zebra albino adalah contoh beberapa makhluk hidup yang mengalami perubahan genetika. Nah, perubahan genetika tersebut dapat diakibatkan oleh peristiwa mutasi. Mutasi adalah perubahan DNA dan kromosom pada makhluk hidup yang menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun individu.
    Nama : Dilla Setiani
    Kelas : XII MIPA 2

    BalasHapus
  25. Setuju bu, gambar hewan dan tumbuhan diatas tidak seperti hewan dan tumbuhan pada biasanya. Mutasi terjadi karena perubahan pada bahan genetik baik DNA maupun RNA. Individu yang mengalami mitasi disebut mutan dan penyebab mutasi adalah mutagen

    Izza Aufy Affeliann Nz, XII MIPA 4

    BalasHapus
  26. Ya setuju, karena hewan dan tumbuhan di atas menunjukkan perubahan sifat aslinya.
    Eka Diyanti XII MIPA 4

    BalasHapus
  27. Setuju bu, karena mutasi merupakan perubahan informasi genetik yang terjadi dalam organisme yang dapat menyebabkan adanya perubahan protein yang dihasilkan dan menghasilkan berbagai variasi genetik. Pada gambar tersebut menunjukan makhluk hidup yang berbeda dari biasanya akibat mutasi.
    Nama : Nurul Hidayah (XII MIPA 5)

    BalasHapus
  28. Setuju Bu, dari gambar di atas terdapat perbedaan fisik yang tidak seperti hewan dan tumbuhan pada umumnya karena terjadi peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA di dalam inti sel yang di sebut dengan mutasi

    BalasHapus
  29. Setuju bu, karena mutasi adalah peristiwa perubahan materi genetik yang terjadi dalam organisme. Perubahan materi tersebut menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun tingkat individu, sehingga muncul variasi - variasi baru pada spesies.
    Nama: Devi Artamevia
    Kelas : XII MIPA 2

    BalasHapus
  30. Setuju. Karena, mutasi adalah perubahan materi genetik kromosom atau DNA yang menyebabkan perubahan sifat pada tingkat gen maupun tingkat kromosom. Dalam gambar terjadi perubahan warna maupun struktur bentuk.

    Mutasi seringkali dipersepsikan sebagai peristiwa yang merugikan. Karena memang sebagian besar mutasi yang terjadi menyebabkan terjadinya abnormalitas atau penyakit pada tubuh makhluk hidup.

    Namun bukan berarti mutasi tidak dapat memberi manfaat sama sekali. Khususnya mutasi buatan yang saat ini telah sering dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Manfaat mutasi yang sering kita dengar yaitu di bidang pertanian, di mana mutasi secara sengaja digunakan memodifikasi tanaman budidaya.pada percakapan diatas terlihat bahwa janda bolong yg berbeda warna harganya lebih mahal karena perbedaan warna yang unik tersebut.
    (Fryda Menti Aldora Septiana XII MIPA 2/18)

    BalasHapus
  31. Setuju bu, karena dari gambar diatas bisa disimpulkan bahwa ciri fisik hewan dan tumbuhan beda dari biasanya.
    Karena Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada taraf tingkatan gen maupun pada tingkat kromosom.
    Wilda Monica XII MIPA 4 (32)

    BalasHapus
  32. Setuju bu, karena pengertian mutasi adalah  perubahan organisasi materi genetik yang berupa gen atau kromosom dari suatu individu dan diwariskan kepada generasi berikutnya. Sehingga terjadi perbedaan fisik dengan hewan atau tumbuhan pada umumnya seperti pada contoh diatas.

    Nur Safa'atun (22) / XII MIPA 4

    BalasHapus
  33. Setuju bu, karena hewan dan tumbuhan di atas tidak seperti hewan dan tumbuhan pada umumnya hal tersebut terjadi karena adanya mutasi,seperti yang kita tahu pengertian mutasi adalah perubahan materi genetik pada DNA dan perubahan bentuk dan jumlah kromosom pada organisme.
    Setiya adi buono XII MIPA 5(31)

    BalasHapus
  34. Setuju bu, karena berdasarkan gambar di atas menunjukkan adanya peristiwa mutasi yang mana menunjukkan ciri fisik antara hewan dan tumbuhan yang berbeda pada umumnya. Mutasi sendiri adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik
    (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (disebut mutasi
    titik) maupun pada taraf kromosom. Mutasi pada tingkat
    kromosomal biasanya disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar bagi kalangan pendukung evolusi mengenai munculnya variasi- variasi baru pada spesies. Mutasi juga dapat menguntungkan, alam diantaranya, melalui mutasi, dapat dibuat tumbuhan poliploid yang
    sifatnya unggul. Contohnya, semangka tanpa biji, jeruk tanpa biji, buah stroberi yang besar, dll. Mutasi ini juga menjadi salah satu kunci terjadinya evolusi di dunia ini.

    Nama : Mahdia Kasiva Az-zahra
    No. Absen : 25
    Kelas : XII MIPA 2

    BalasHapus
  35. Setuju, karena mutasi adalah peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA yang menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun tingkat individu. Pada gambar tersebut terlihat adanya perubahan yang menyebabkan perbedaan bentuk fisik maupun warna pada tumbuhan/hewan yang tidak seperti biasanya.

    Atika Rahma Maulida (03) XII MIPA 2

    BalasHapus
  36. Setuju bu, karena mutasi merupakan peristiwa perubahan materi genetik yang menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun tingkat individu. Seperti gambar diatas yang menunjukkan perubahan sifat dari tumbuhan/ hewan pada umumnya.
    Nama : Sorganing Ijabah
    Kelas : XII MIPA 4

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Dian Yunisa Oktaviani (08/XII MIPA 2)
    Setuju, gambar di atas termasuk fenomena mutasi, yakni peristiwa perubahan materi genetik dalam organisme yang disebabkan oleh mutagen sehingga menyebabkan perubahan fenotipe makhluk hidup. Dalam contoh gambar di atas menunjukkan organisme tersebut mengalami perubahan/perbedaan sifat baik bentuk maupun warna sehingga berbeda dengan organisme sejenisnya pada umumnya.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Setuju bu, karena mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya.
    pada gambar tumbuhan dan hewan di atas menunjukkan perubahan sifat (fenotipe) yang diakibatkan oleh mutasi.
    Nama : Anisa Sunhidayah
    Kelas: XII MIPA 4
    No.absen : 02

    BalasHapus
  41. Setuju Bu, karena mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya. Namun tidak setiap perubahan DNA adalah mutasi.
    Mutasi pada tingkat kromosom disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar bagi kalangan pendukung evolusi mengenai munculnya variasi-variasi baru pada spesies.
    Macam mutasi ada 2 yaitu mutasi alami dan mutasi buatan

    NUNY RIZQI AMALIA (21) XII MIPA 4

    BalasHapus
  42. Setuju, karena apel, semangka, udang, dan zebra serta tanaman janda bolong yang disebutkan di atas mengalami perubahan dari bentuk yang semestinya. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya peristiwa yang disebut mutasi, yaitu perubahan materi genetik kromosom/DNA pada inti sel.

    Nama : Sekarmanah Putri Permana
    Kelas : 12 MIPA 3

    BalasHapus
  43. Nama : Cecillia Donna Casandra
    Kelas : XII MIPA 2
    Setuju bu, karena mutasi merupakan perubahan materi genetik yang terjadi pada gen. Yang meliputi perubahan jenis, jumlah, dan letak urutan basa nitogrennya. Mutasi dapat menyebabkan berbagai perubahan baik maupun buruk dan menghasilkan berbagai variasi genetik. Pada contoh gambar di ats menunjukkan adanya perubahan atau perbedaan sifat dari hewan/tumbuhan pada umumnya.

    BalasHapus
  44. setuju Bu,karena mutasi adalah perubahan yang terjadi pada genetik,baik dna maupun RNA,yang berdampak pada fenotipe sehingga menyebabkan terbentuknya variasi makhluk hidup. contohnya seperti pada gambar diatas.

    Nama : Julaikha Nur Utami
    Kelas : XII MIPA 2
    No. : 22

    BalasHapus
  45. Setuju bu,karena mutasi merupakan perubahan struktur genetik dan pada gambar hewan dan tumbuhan di atas menunjukkan adanya perubahan struktur genetik

    Andita Nurul Wafiqoh (XII MIPA 1)

    BalasHapus
  46. Setuju bu, karena mutasi merupakan perubahan materi genetik dan mahkluk hidup pada gambar di atas mengalami perubahan materi genetik
    Tiara Syaharani Mikanda(XII MIPA 1)

    BalasHapus
  47. Setuju bu, karena adanya mutasi menimbulkan perbedaan pada umumnya. Dikarenakan perubahan materi genetik dan kromosom.

    Rofiatun fitriani (30) xii a

    BalasHapus
  48. Setuju bu,karena Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada taraf tingkatan gen maupun pada tingkat kromosom maupun pada tingkat kromosom yang mengakibatkan perubahan sifat (fenotipe).
    Nama: Rifqi Zainul Muttaqin
    Kelas: XII MIPA 4
    No.absen: 25

    BalasHapus
  49. Setuju bu, karena mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar munculnya variasi-variasi baru pada spesies. Pada gambar terdapat jenis variasi tanaman dan hewan baru yang berbeda dengan aslinya.

    Laela Nurul Hidayah XII MIPA 4

    BalasHapus
  50. Setuju bu, karena mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada taraf tingkatan gen maupun pada tingkat kromosom.
    Syarat terjadinya mutasi
    1. Adanya perubahan materi genetik DNA atau kromosom
    2. Perubahan tersebut bersifat dapat atau tidak dapat diperbaiki
    3. Hasil Perubahan tersebut diwariskan secara genetik kepada keturunannya.

    Nama : Siska Ariani
    Nomor : 31
    Kelas : XII MIPA 3

    BalasHapus
  51. Setuju bu. Karena peristiwa mutasi itu sendiri terjadi perubahan materi genetik pada organisme.

    Shafa Setya Rizky (XII MIPA 2)

    BalasHapus
  52. Setuju bu, karena gambar diatas sudah menunjukan peristiwa mutasi dengan adanya perbedaan tumbuhan dan hewan yang berbeda pada umumnya.

    Sofinatuljiat XII MIPA 4

    BalasHapus
  53. Setuju, Bu. Seperti gambar di atas menunjukan perubahan materi genetik akibat perubahan basa. Akibatnya, protein yang terkode pun berubah dan menyebabkan perubahan sifat suatu individu.

    Muhamad Syahrul Arifin (27)
    XII MIPA 2

    BalasHapus
  54. Setuju Bu, dari gambar diatas berbeda dengan gambar hewan/tumbuhan pada umumnya. Perbedaan itu disebabkan oleh mutasi. Mutasi itu sendiri merupakan perubahan materi genetik kromosom atau DNA didalam inti sel yang menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun tingkat individu.

    SAFIRA YULIA YASMIN (30)
    XII MIPA 2

    BalasHapus
  55. Setuju bu, karena mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya dapat dilihat dari gambar tumbuhan dan hewan diatas memiliki ciri fisik yang berbeda dari tumbuhan dan hewan pada umumnya.

    Nama : Yuniar Fatmasari
    Kelas : XII MIPA 2

    BalasHapus
  56. Nama : Diyana Rahadatul Aisi
    Kelas : XII MIPA 5
    Setuju Bu, karena Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen maupun pada taraf kromosom

    BalasHapus
  57. Setuju bu. Gambar diatas menunjukkan kejadian mutasi, karena Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik. Gambat diatas menunjukkan makhluk hidup yang berbeda dari yang aslinya,mulai dari bentuk atau warnanya.
    Elang Putra Baskara (12)
    Kelas XII MIPA 2

    BalasHapus
  58. Setuju, karena mutasi adalah suatu proses dimana gen mengalami perubahan struktur. Gen yang berubah karena mutasi disebut mutan. Mutan adalah sel-sel dan individu-individu yang membawa mutasi tersebut. Dalam arti luas, mutasi dihasilkan dari segala macam tipe perubahan bahan keturunan yang mengakibatkan perubahan kenampakan fenotipe yang diturunkan.

    Nama: Dian Rizqi Maulida(03)
    Kelas : XII MIPA 3

    BalasHapus
  59. Setuju bu, karena mutasi adalah perubahan materi genetik yang terjadi dalam organisme. Perubahan tersebut menyebabkan perubahan protein yang dihasilkan sehingga menghasilkan berbagai variasi genetik seperti gambar diatas.

    Salma Rossada Rahman (31)
    XII Mipa 2

    BalasHapus
  60. Setuju bu, karena Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya. Dan gambar diatas sudah menjadi contoh nyata mutasi

    Qori Fathuljanah (XII MIPA 4)

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Setuju bu, karena gambar diatas menunjukkan peristiwa mutasi yang disebabkan materi genetik dan menimbulkan perubahan pada umumnya.

    BalasHapus
  65. Setuju bu, sebab mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada tingkatan gen maupun kromosom. Dan gambar-gambar diatas menunjukan perubahan dari bentuk maupun warna yang sebenarnya, sehingga menyebabkan terbentuknya variasi.

    Kartikasari (XII Mipa 3)

    BalasHapus
  66. Setuju bu, karena mutasi adalah perubahan yang disebabkan materi genetik

    Nama: Mustofa Rozif I
    Kelas: XII MIPA 3

    BalasHapus
  67. Nama : Putri Amanatus Solikhah
    Kelas : XII MIPA 3
    No. Absen : 21
    Saya setuju bu, karena contoh makhluk hidup di atas berciri fisik yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya, hal itu disebabkan mereka mengalami mutasi yaitu perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya.

    BalasHapus
  68. setuju, karena pengertian mutasi merupakan perubahan materi genetik kromosom atau DNA di dalam inti sel dengan syarat terjadinya mutasi antara lain:
    - adanya perubahan materi genetik (DNA atau kromosom)
    - perubahan tersebut bersifat dapat atau tidak diperbaiki
    - hasil perubahan tersebut diwariskan secera genetik kepada keturunannya.
    Hal inilah yang membuat hewan, buah, dan tenaman di atas memiliki perbedaan dari jenis pada umumnya baik warna atau bentuk fisik.

    Nama : Dea Pangesti
    Kelas : 12 MIPA 2
    Absen : 05

    BalasHapus
  69. Sejutu bu, karena Mutasi adalah perubahan permanen dalam urutan DNA yang membentuk gen, sehingga menghasilkan perubahan. Dan gambar gambar di atas menunjukkan adanya perbedaan sifat dari hewan atau tumbuhan pada umumnya.

    Salwa Sausan (XII MIPA 4)

    BalasHapus
  70. Setuju bu, karena dari contoh gambar diatas termasuk mutasi, yaitu perubahan pada struktur genetik
    Nama : Gatya Tri Wulandari (18)/ XII MIPA 1

    BalasHapus
  71. Setuju bu, dari gambar diatas tumbuhan dan hewan mengalami mutasi. Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik, baik DNA maupun RNA. Mutasi bermacam macam sehingga pada gambar diatas apel bisa memiliki 2 warna, semangka berbentuk kubus.

    Nama : Ahda Amelia Salsabila
    Kelas : 12 MIPA 1
    No Absen : 02

    BalasHapus
  72. Setuju bu, dilihat dari ciri fisik pada gambar di atas hewan dan tumbuhan tersebut mengalami mutasi/perubahan materi genetik sehingga berbeda dari hewan dan tumbuhan pada umumnya.

    Munawaroh (XII Mipa 4)

    BalasHapus
  73. Saya setuju jika tumbuhan dan hewan diatas termasuk mutasi karena seperti yang kita ketahui bahwa mutasi merupakan perubahan materi genetik (DNA) menyebabkan terjadinya perubahan gen dan akhirnya menyebabkan perubahan alel dan fenotip makhluk hidup.
    Firanika Putri Azzahra (XII MIPA 2)

    BalasHapus
  74. Setuju bu karena mutasi adalah perubahan struktur genetik dan mutasi dapat menyebabkan perubahan seperti gambar yang disebabkan karena adanya mutasi. Risalatun Nabila XII MIPA 5 27

    BalasHapus
  75. Sinta lestari (30)
    XII MIPA 3
    Setuju bu.. karena mutasi merupakan peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA didalam inti sel. Jadi mungkin saja apabila ada daun janda bolong yang memiliki daun yang berlubang,semangka yang berbentuk kubus,dll.

    BalasHapus
  76. Setuju Bu, dikarenakan cerita di atas menunjukkan ciri mutasi dimana terjadinya perubahan materi genetik yang menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun tingkat individu. Sehingga menunjukkan adanya perubahan fisik atau warna seperti pada biasanya.
    Titi Santika (12 MIPA 3)

    BalasHapus
  77. Setuju bu,karena mutasi menyebabkan perubahan struktur genetik pada kromosom atau gen. Sehingga menyebabkan protein yang dihasilkan bersifat non fungsional,silent mutation,missense mutation,dan nonsense mutation. Oleh karena itu,mutasi menyebabkan abnormalisasi. Mutasi dapat disebabkan oleh faktor fisika,kimiawi,dan biologi

    BalasHapus
  78. Setuju bu, seperti gambar diatas hewan dan tumbuhan dapat mengalami mutasi, yaitu perubahan materi genetik dan kromosom yang menyebabkan perubahan sifat. Sehingga menyebabkan terbentuknya variasi baru dari makhluk hidup.

    Nama : Fayza Sal Sabila
    Kelas : XII Mipa 5

    BalasHapus
  79. Rino Azaki (XII MIPA 2)

    Setuju bu, gambar diatas mengalami mutasi. karena Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya.

    BalasHapus
  80. feri septiawan (12 MIPA 1)
    saya setuju, bu. mutasi adalah perubahan yang terjadi karena materi genetik dan kromosom. perubahan itu mengakibatkan terbentuknya varietas baru yang berbeda dari varietas biasa. tumbuhan dan hewan yang ada pada contoh merupakan hasil varietas baru akibat perubahan materi genetik tersebut.

    BalasHapus
  81. Nama : Gaetsa Nurul Aulia
    Kelas : 12 MIPA 1
    No. Absen : 17
    Saya setuju bu, karena perubahan struktur genetik dari contoh gambar diatas disebabkan oleh mutagen diantaranya bisa mutagen fisika, mutagen kimiawi, dan mutagen biologi.

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Setuju bu,bahwa gambar tersebut merupakan peristiwa mutasi, karena dilihat dari perubahan yang tidak sesuai pada umumnya di atas merupakan mutasi dan mutasi sendiri merupakan perubahan struktur genetik, selain itu dapat dikatakan mutasi apabila memenuhi kriteria seperti Adanya perubahan materi genetik (DNA), Perubahan tersebut bersifat dapat atau tidak dapat diperbaiki, Hasil perubahan tersebut diwariskan secara genetik pada keturunannya.

    Ismy Fana Fillah/21/12 mipa 1

    BalasHapus
  85. Nama: Andi Nisrina Arum Sekar
    Kelas: 12 MIPA 2
    Setuju, karena mutasi ada perubahan materi genetik yang terjadi pada gen. Pada gambar diatas terjadi beberapa perubahan pada hewan dan tumbuhan yang disebabkan oleh perubahan genetik

    BalasHapus
  86. setuju, karena mutasi adalah perubahan materi genetik DNA/RNA sehingga menjadikan hewan/tumbuhan/buah mengalami perbedaan pada warna/bentuk yang menyebabkan berbeda dengan buah/hewan/tumbuhan lainnya

    Briliane Paramita Zahra (12 MIPA 4)

    BalasHapus
  87. Setuju bu, munurut gambar diatas ciri fisik antara hewan dan tumbuhan berbeda. Karena mutasi itu sendiri adalah Mutasi adalah perubahan materi genetik (gen atau kromosom) suatu sel yang diwariskan kepada keturunannya. Mutasi dapat disebabkan oleh kesalahan replikasi materi genetika selama pembelahan sel oleh radiasi, bahan kimia (mutagen), atau virus, atau dapat terjadi selama proses meiosis. Mutasi juga menyebabkan perubahan pada struktur genetik (struktur basa). Struktur basa yang berbeda mengkode protein yang berbeda. Protein yang berbeda menimbulkan sifat yang berbeda (perubahan sifat).

    Perubahan materi genetik (DNA) menyebabkan terjadinya perubahan gen dan akhirnya menyebabkan perubahan alel dan fenotip makhluk hidup. Namun Tidak setiap perubahan DNA adalah mutasi. Dikatakan mutasi apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
    1. Adanya perubahan materi genetik (DNA).
    2. Perubahan tersebut bersifat dapat atau tidak dapat diperbaiki.
    3. Hasil perubahan tersebut diwariskan secara genetik pada keturunannya.

    Nama : Vincencius Ganesha Pamungkas (34)
    Kelas : XII MIPA 1

    BalasHapus
  88. setuju bu, karena mutasi sendiri memiliki pengertian perubahan informasi genetik yang terjadi pada organisme. jadi pada tanaman bunga janda milik bu Diah, atau pada apel, semangka, udang, dan zebra albino yang memiliki bentuk berbeda pada umumnya memungkinkan terjadi karena peristiwa mutasi yang disebabkan oleh perubahan DNA/kromosom ditubuhnya.

    Nama : Nurul Kartika Sari
    Kelas/absen : XII MIPA 3/19

    BalasHapus
  89. Setuju bu, mutasi adalah perubahan yang terjadi pada materi genetik(DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya. Jadi bisa membuat peristiwa seperti contoh diatas.

    Aqila Izzatul Labibah XII MIPA 3

    BalasHapus
  90. Setuju Bu , berdasarkan pengertiannya mutasi merupakan perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunanya .Dilihat dari gambar terdapat variasi perubahan warna maupun bentuk asli dari tumbuhan atau hewan yang merupakan sebab dari adanya mutasi.

    Nama: Rahmania Hidayah Safitri
    Kelas :XII MIPA 3 /23

    BalasHapus
  91. Nama : Indit Dwi Pramsuti
    Kelas : 12 Mipa 3
    Absen : 06

    Setuju bu, karena Mutasi adalah perubahan pada bahan genetik,pada taraf urutan gen maupun pada taraf kromosom. Mutasi pada gen dapat memunculkan alel baru dan muncul variasi-variasi baru, nah gambar di atas menunjukkan fenomena mutasi.

    BalasHapus
  92. Nama : Dika Rama Prasetyo
    Kelas : 12 mipa 5
    Nomor : 08

    Setuju, karena pengertian dari mutasi adalah perubahan genetik pada struktur tertentu yang disebabkan oleh perubahan DNA atau Kromosom, seperti yang telah dicontohkan oleh kasus di atas, tanaman janda bolong, apel, dan udang.

    BalasHapus
  93. Setuju bu, contoh gambar diatas termasuk peristiwa mutasi, karena telah mengalami perubahan struktur genetik sehingga berbeda dengan tumbuhan dan hewan pada umumnya

    Syifa fauziyyah XII MIPA 4

    BalasHapus
  94. Setuju bu, karena Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya.Perubahan materi genetik (DNA) menyebabkan terjadinya perubahan gen dan akhirnya menyebabkan perubahan alel dan fenotip makhluk hidup.

    Nama :Ananda Arya Pratama
    Kelas :XII MIPA 5
    Absen :04

    BalasHapus
  95. Setuju bu, karena Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya.Perubahan materi genetik (DNA) menyebabkan terjadinya perubahan gen dan akhirnya menyebabkan perubahan alel dan fenotip makhluk hidup.

    Nama :Ananda Arya Pratama
    Kelas :XII MIPA 5
    Absen :04

    BalasHapus
  96. Saya setuju bu, Karena tumbuhan dan hewan di atas menunjukan ciri-ciri fenomena mutasi, disebut juga sebagai mutan (organisme yang mengalami mutasi). Pengertian Mutasi sendiri adalah Perubahan di sekuens gen pada DNA ( Perubahan susunan Struktur Basa ) yang disebabkan oleh mutagen. Sehingga menyebabkan spesies tersebut berevolusi.

    Nama : Mahila Asana
    Kelas : XII MIPA 3

    BalasHapus
  97. Saya setuju bu, jika dilihat dari gambar terdapat variasi perubahan warna maupun bentuk asli dari tumbuhan atau hewan tersebut. Hal ini merupakan sebab dari adanya mutasi. Hal ini juga berdasarkan dari pengertian mutasi itu sendiri, yaitu merupakan perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunanya.

    Nama : Indah Gemi Utami
    Kelas: 12 MIPA 2
    Nmor : 20

    BalasHapus
  98. setuju, karena hewan dan tumbuhan pada gambar di atas mengalami perubahan mulai dari bentuk dan warnanya yang berbeda dari hewan dan tumbuhan pada umumnya, yang dimana sesuai dengan pengertian mutasi itu sendiri.

    Nama : Ameylia Arsita
    Kelas : XII MIPA 1
    absen : 05

    BalasHapus
  99. Nama : Nur Nilam Sari
    Kelas : 12 mipa 5
    No : 20

    Setuju, krna seperti pengertian mutasi yaitu perubahan DNA dan kromosom yg bisa diwariskan kpd turunannya sehingga wajar pd gambar diatas trdpt beberapa perubahan spt bentuk dan warna

    BalasHapus
  100. Setuju bu, karena peristiwa tersebut termasuk contoh dari beberapa makhluk hidup yang mengalami perubahan genetika, dan perubahan genetika itu termasuk peristiwa mutasi, yang sesuai dengan pengertian Mutasi yaitu perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan pada keturunannya.

    BalasHapus
  101. Nama : Ery Syafrina
    Nomor Absen : 14
    Kelas : XII MIPA 2

    Setuju bu, karena peristiwa tersebut termasuk contoh dari beberapa makhluk hidup yang mengalami perubahan genetika, dan perubahan genetika itu termasuk peristiwa mutasi, yang sesuai dengan pengertian Mutasi yaitu perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan pada keturunannya.

    BalasHapus
  102. setuju bu, karena mutasi sendiri memiliki pengertian perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya, dan dilihat dari gambar diatas tampak berbeda dengan tumbuhan dan hewan pada umumnya.

    Rahmat Alvien M (24) / 12 MIPA 5

    BalasHapus
  103. Setuju bu, karena Mutasi adalah perubahan gen atau kromosom dari suatu individu yang bersifat menurun. Individu yang mengalami mutasi disebut dengan mutan, dan yang menyebabkan terjadinya mutasi disebut mutagen.

    Mutasi dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu mutasi gen dan mutasi kromosom.

    Vincent Kenutama (XII MIPA 2)

    BalasHapus
  104. Setuju Bu, karena gambar tersebut menunjukkan perubahan genetika mahkluk hidup, yang disebabkan perubahan DNA dan kromosom yang sifatnya menurun

    Dhevran Baitu Abdillah Sintusa (09) / XII.A

    BalasHapus
  105. Setuju Bu, dari gambar diatas terdapat perbedaan fisik yang tidak seperti hewan dan tumbuhan pada umumnya karena terjadi peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA didalam inti sel yang disebut dengan mutasi.
    Nama : Faiq Kotul Himma
    Kelas : XII MIPA 1

    BalasHapus
  106. Setuju bu, dari gambar diatas terdapat perbedaan fisik yang tidak seperti hewan dan tumbuhan pada umumnya karena terjadi peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA didalam inti sel yang disebut dengan mutasi
    -Marhamah(24) XIIA

    BalasHapus
  107. Setuju, karena pada gambar diatas terjadi perubahan ciri fisik pada tumbuhan dan hewan yang berbeda dari biasanya,dan dilihat dari pengertian mutasi sendiri yaitu perubahan materi genetik atau DNA pada inti sel.
    (Anisa Salwa/XII MIPA5/05)

    BalasHapus
  108. Setuju bu, karena Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya. Dilihat dari gambar diatas terjadi perubahan warna dan bentuk yang berbeda dari umumnya yang dimana itu merupakan sebab dari adanya mutasi.
    Nama : Rafiany Artika Sari
    Kelas : 12 MIPA 1

    BalasHapus
  109. Nama : Nadzira Karimatur
    Kelas : XII MIPA 3/15

    Setuju bu,Mutasi merupakan proses perubahan informasi genetik yang terjadi dalam organisme yang disebabkan oleh mutagen (penyebab mutasi) baik mutagen fisika, biologi dan kimia.
    Organisasi yang mengalami mutasi disebut mutan

    BalasHapus
  110. Nama : Dyah Arianti Nur Cahyo
    Kelas : XII MIPA 2

    Saya setuju jika tumbuhan dan hewan diatas terjadi karena peristiwa mutasi, sebab mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) menyebabkan terjadinya perubahan gen dan akhirnya menyebabkan perubahan alel dan fenotip makhluk hidup. Meskipun demikian, tidak semua perubahan materi genetik (DNA) adalah mutasi dan tidak semua hasil mutasi merugikan.

    BalasHapus
  111. Setuju bu, dari pengertian mutasi yakni perubahan materi genentik (DNA) dan kromosom yang dapat diwarisan secara genetis pada keturunannya. dilihat dari gambar juga terdapat variasi perubahan warna maupun bentuk asli dari tumbuhan maupun hewan yang merupakan sebab adanya mutasi

    Nama : Devita Maharani
    Kelas : XII Mipa 3
    Absen : 02

    BalasHapus
  112. Nama : Iriene Farazeta Wibowo
    Kelas : XII MIPA 5/12
    Setuju, karena pada gambar tersebut terjadi perubahan ciri fisik pada tumbuhan dan hewan yang berbeda pada umumnya. Yang sama dengan mutasi yaitu perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya. Jika melihat gambar diatas terjadi perubahan warna dan bentuk yang berbeda dari umumnya yang merupakan sebab dari adanya mutasi.

    BalasHapus
  113. Nama : Vionica Lestari
    Kelas : XII MIPA 5
    Setuju bu, karna berdasarkan pengertian mutasi adalah perubahan genetik (DNA) dan kromosom yg dapat diwariskan secara genetis pada keturunya. Dan pada gambar hewan dan tumbuhan diatas terlihat perbedaan fisik dengan hewan dan tumbuhan pada umumnya.

    BalasHapus
  114. Setuju,Mutasi merupakan perubahan genetik baik pada DNA maupun RNA pada urutan gen atau pada kromosom dan menyebabkan munculnya susunan genetik baru (alel) yang merupakan variasi baru dari spesies. Pada tumbuhan mutasi bisa dilihat dari perbedaan bentuk, warna atau penampilan pohon atau buah. Penampilan tanaman yang berbeda dari varian spesiesnya menunjukkan adanya mutasi Mutasi pada tumbuhan memang bisa terjadi secara alami, namun mutasi juga bisa terjadi akibat dari perbuatan yang disengaja . Hal tersebut dikatakan buruk karena merupakan sebuah penyimpangan. Namun mutasi tumbuhan juga bisa menguntungkan dan berguna bagi manusia dalam kehidupannya 

    Nama : Ninik Tifani
    Kelas : Xll MIPA 4
    No. Absen: 18

    BalasHapus
  115. Setuju,karena mutasi merupakan peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA didalam inti sel, oleh sebab itu pada gambar diatas terjadi perubahan fisik yang berbeda dengan hewan dan tumbuhan pada umumnya.

    NAMA : Zaky Dafalas Eka Putra
    KELAS: 12 MIPA 4
    ABSEN: 33

    BalasHapus
  116. Nama : Rossi Ibrahim
    Kelas : 12 MIPA 3
    No.Absen : 25
    Setuju bu, karena peristiwa tersebut termasuk contoh dari beberapa makhluk hidup yang mengalami perubahan genetika, dan perubahan genetika itu termasuk peristiwa mutasi, yang sesuai dengan pengertian Mutasi yaitu perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan pada keturunannya.

    BalasHapus
  117. Nama: Ema Yustisia
    Kelas: XII Mipa 4
    No :09
    Setuju, karena pada gambar tersebut terjadi perubahan ciri fisik pada tumbuhan dan hewan yang berbeda pada umumnya. Mutasi adalah perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya. Jika melihat gambar diatas terjadi perubahan warna dan bentuk yang berbeda dari umumnya yang merupakan sebab dari adanya mutasi.

    BalasHapus
  118. Saya setuju tumbuhan dan hewan diatas terjadi karena peristiwa mutasi.Yang mana pengertian mutasi adalah perubahan materi genetik di dalam sel. Pada gambar diatas, terlihat ciri fisiknya berbeda dengan hewan dan tumbuban pada umumnya karena hewan dan tumbuhan tersebut sudah mengalami perubahan dari sifat aslinya.

    Silfi Safinah (XII MIPA 4)

    BalasHapus
  119. Nama:Ony Restina Utami
    Kelas:XII MIPA 3
    NO.Absen:20

    Saya setuju bu, karena jika dilihat dari contoh gambar diatas tumbuhan dan hewan memiliki ciri fisik yang berbeda dengan ciri tumbuhan/hewan pada umumnya karena mengalami perubahan genetik yang disebut mutasi. Mutasi adalah perubahan informasi genetik (DNA) yang terjadi dalam organisme yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya.

    BalasHapus
  120. Setuju bu, karena sesuai dengan pengertiannya mutasi merupakan perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunanya . Dan dilihat dari gambar tersebut terjadi perubahan ciri fisik pada tumbuhan dan hewan yang berbeda pada umumnya.

    Della Ayu Puspita (05) / XII.D

    BalasHapus
  121. Setuju, karena jika dilihat dari contoh gambarnya tumbuhan dan hewan tersebut memiliki ciri yang beda dari ciri umumnya, karena tumbuhan dan hewan tersebut mengalami perubahan informasi genetik didalam organisme yang disebut mutasi.

    Nama : Sadiah Tul Agniah (26)
    Kelas : XII MIPA 3

    BalasHapus
  122. Setuju bu, secara kasat mata dapat dilihat kalau ciri fisiknya berbeda dengan ciri fisik pada umumnya. hal tersebut dikarenakan adanya mutasi,mutasi sendiri adalah perubahan informasi genetik yang terjadi pada organisme yang disebabkan oleh mutagen baik mutagen fisika,mutagen biologi ataupun mutagen kimia.
    Syarat mutasi sendiri :
    -adanya perubahan DNA
    -hasil perubahannya diwariskan ke keturunan selanjutnya
    -perubahan bersifat dapat dan tidak dapat diperbaiki

    Rosyida Sachin Dzihniya (26)
    XII MIPA 4

    BalasHapus
  123. Setuju bu, karena dapat dilihat dari contoh tumbuhan dan hewan diatas terjadi karena adanya mutasi yaitu perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genesis pada keturunannya, karena perubahan materi genetik itulah bentuk fisik dari hewan dan tumbuhan dari contoh diatas berbeda dari bentuk fisik tumbuhan dan hewan umumnya.

    Arfi Lathifatunnisa (08)
    XII MIPA 1

    BalasHapus
  124. Setuju Bu pada gambar di atas terlihat hewan dan tumbuhannya berbeda dengan hewan dan tumbuhan pada umumnya karena pada contoh diatas menunjukan adanya mutasi yang menyebabkan perubahan genetik (DNA) dan kromosom

    M Farhan Aulia Rahman (16)
    XII MIPA 4

    BalasHapus
  125. Setuju bu,karena jika dilihat dari contoh gambar hewan maupun tumbuhan di atas memiliki ciri (karakteristik) yang berbeda pada umumnya. Yang mana pengertian dari mutasi yaitu perubahan materi genetik (DNA) dan kromosom yang dapat diwariskan secara genetis pada keturunannya.
    Nama : Nunita Valentina Putri
    Kelas : XII MIPA 4
    No : 20

    BalasHapus
  126. Setuju bu, karena mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada taraf tingkatan gen maupun pada tingkat kromosom. Dari gambar tersebut terlihat bahwa terjadi perubahan bentuk dari bentuk aslinya

    Nama : Bayu Ajie Nur Wijanarko
    Kelas : XII MIPA 4
    Absen : 03

    BalasHapus

SELEKSI ALAM PADA BURUNG FINCH

            Musim hujan memaksa Doni bertahan dirumah walau sebenarnya Doni ingin melakukan aktivitas diluar seperti jogging atau bermain se...